Ringkasan Buku How To Win Friends & Influence People

Shandya Fajar

Shandya Fajar

Filmmakers dan Storyteller yang suka berbagi insight buat orang-orang kreatif.

Share on

Facebook
WhatsApp

Follow me on

Apa kamu sering ngerasa kesulitan pas berkomunikasi sama orang lain? Apa kamu mau jadi lebih percaya diri dalam hubungan sosialmu? Kalau iya, buku How to Win Friends and Influence People karya Dale Carnegie ini solusinya!

Buku ini udah jadi panduan buat jutaan orang di bumi sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1936. Di buku ini, Carnegie membahas soal berbagai topik yang berkaitan dengan keterampilan sosial, seperti cara memenangkan hati orang lain, meningkatkan keterampilan komunikasi, mengatasi konflik, dan masih banyak lagi. Setelah membaca buku ini, kamu akan merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi berbagai situasi sosial yang mungkin terjadi di kehidupanmu.

Di buku ini, Carnegie memberikan 6 tips praktis dan mudah buat diikuti buat ngebantu kamu memperbaiki hubungan sosialmu. Ini tipsnya:

How To Win Friends and Influence People

1. Teknik Dasar Dalam Menangani Orang

“Kita tidak dapat mengubah orang lain, tapi kita dapat mengubah perilaku kita sendiri. Apabila kita mengubah perilaku kita terhadap orang lain, maka orang lain juga akan merubah perilakunya terhadap kita.” – Dale Carnegie

Di bagian ini, Carnegie memberikan teknik-teknik dasar saat menangani orang dan memberikan contoh gimana menggunakan teknik-teknik tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Bagian ini terdapat tiga prinsip dasar untuk membantu pembaca memahami cara terbaik buat berinteraksi dengan orang lain. Ini adalah 3 prinsip dasar tersebut:

1. Jangan mengkritik, menghakimi, atau menghina orang lain.
Carnegie menekankan bahwa kritik dan hinaan hanya membuat seseorang merasa terancam dan membela diri. Sebaliknya, berbicaralah dengan lembut dan hormat, dan cobalah untuk memahami perspektif orang lain.

2. Hargai perasaan orang lain.
Carnegie menyarankan agar kita berbicara dengan cara yang sensitif dan berusaha memahami sudut pandang orang lain. Dalam melakukan hal ini, kita dapat mengembangkan hubungan yang lebih baik dan memperoleh dukungan dari orang lain.

3. Memotivasi orang lain untuk merasa dihargai dan diakui.
Carnegie menekankan pentingnya memberikan pengakuan dan pujian kepada orang lain sebagai cara untuk memotivasi mereka untuk melakukan lebih banyak hal yang positif. Dalam melakukan hal ini, kita dapat membantu orang lain merasa dihargai dan meningkatkan hubungan sosial kita.

Bagian Teknik Dasar Dalam Menangani Orang membantu kita memahami prinsip-prinsip dasar dalam berinteraksi dengan orang lain dan memberikan strategi praktis untuk membantu kita membangun hubungan yang lebih baik. Hal ini dapat membantu kita menjadi lebih sukses dalam pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sehari-hari.

How To Win Friends and Influence People

2. Enam Cara untuk Membuat Orang Menyukaimu

“Nama adalah bagian terindah dalam hidup seseorang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyebut nama orang yang kamu ajak bicara.” – Dale Carnegie

Di bagian ini, Dale Carnegie memberikan 6 cara untuk membuat orang menyukai kamu. Ini adalah keenam caranya:

1. Menunjukkan minat yang tulus pada orang lain
Menunjukkan minat yang tulus pada orang lain bisa membuat mereka merasa dihargai dan diakui. Dale Carnegie menyarankan untuk mendengarkan orang lain dan menunjukkan minat pada topik yang mereka bicarakan. Ia juga menekankan pentingnya untuk tidak berbicara hanya tentang diri sendiri.

2. Memuji orang lain secara tulus
Memuji orang lain dengan tulus bisa meningkatkan harga diri mereka dan membuat mereka merasa dihargai. Dale Carnegie menyarankan untuk mencari hal positif tentang orang lain dan memberikannya pujian secara tulus.

3. Mengingat nama orang lain
Mengingat nama seseorang adalah hal yang penting dan dapat membuat mereka merasa dihargai. Dale Carnegie menyarankan untuk menggunakan nama seseorang dengan tepat dan sering, serta mengaitkan namanya dengan hal-hal yang mudah diingat.

4. Menjadi pendengar yang baik
Menjadi pendengar yang baik bisa membuat orang merasa dihargai dan diakui. Dale Carnegie menyarankan untuk mendengarkan orang lain tanpa menginterupsi, menunjukkan minat pada topik yang mereka bicarakan, dan memahami perasaan dan pandangan mereka.

5. Menceritakan kisah-kisah yang menarik
Menceritakan kisah-kisah yang menarik bisa membuat orang lain merasa terhibur dan terkesan dengan kamu. Dale Carnegie menyarankan untuk menemukan kisah-kisah yang relevan dengan topik yang sedang dibicarakan dan mengemasnya menjadi sebuah cerita yang menarik.

6. Menunjukkan rasa simpati dan pengertian
Menunjukkan rasa simpati dan pengertian dapat membuat orang merasa dihargai dan diakui. Dale Carnegie menyarankan untuk memahami perasaan orang lain dan menunjukkan rasa simpati pada saat yang tepat.

Itulah keenam cara yang diajarkan oleh Dale Carnegie untuk membuat orang menyukaimu. Dalam buku ini, ia juga memberikan contoh nyata tentang bagaimana orang-orang sukses di masa lalu menggunakan teknik-teknik tersebut dalam kehidupan mereka.

How To Win Friends and Influence People

3. Bagaimana Mempengaruhi Orang Lain

“Tidak ada yang bisa memaksakan kehendak orang lain untuk setuju dengan kita. Namun, kita bisa mempengaruhi mereka dengan cara memahami keinginan dan kebutuhan mereka terlebih dahulu.” – Dale Carnegie

Di bagian ini, Carnegie memberikan beberapa strategi untuk mempengaruhi orang lain dan membuat mereka setuju dengan pandangan kita. Ini adalah beberapa strategi yang disarankan oleh Carnegie:

1. Berbicara dalam bahasa yang disukai oleh orang lain
Carnegie menyarankan agar kita berbicara dalam bahasa yang disukai oleh orang lain. Misalnya, jika seseorang lebih menyukai bahasa visual daripada bahasa verbal, maka kita bisa menyampaikan pesan dengan menggunakan gambar atau grafik.

2. Berbicara dari sudut pandang mereka
Untuk mempengaruhi orang lain, Carnegie menyarankan agar kita berbicara dari sudut pandang mereka. Misalnya, jika kita ingin meminta seseorang untuk melakukan sesuatu, maka kita perlu memberikan alasan yang beralasan dan relevan dengan kebutuhan mereka.

3. Menunjukkan keuntungan bagi semua pihak
Ketika meminta seseorang untuk melakukan sesuatu, penting untuk menunjukkan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat. Dengan cara ini, orang akan lebih mudah untuk setuju dengan kita.

4. Menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif
Untuk mempengaruhi orang lain, kita perlu menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif. Kita juga harus menghindari penggunaan bahasa yang rumit dan tidak jelas.

5. Mencari titik kesepakatan
Carnegie menyarankan agar kita mencari titik kesepakatan dengan orang lain. Misalnya, jika kita memiliki pendapat yang berbeda dengan seseorang, kita bisa mencari titik kesepakatan terlebih dahulu sebelum mencoba meyakinkannya.

6. Menggunakan saran dari orang lain
Terkadang, orang lain lebih mudah dipengaruhi oleh saran dari orang lain daripada oleh kita sendiri. Oleh karena itu, Carnegie menyarankan agar kita menggunakan saran dari orang lain untuk mempengaruhi mereka.

Intisari dari bagian ini adalah untuk mempengaruhi orang lain, kita perlu memahami keinginan dan kebutuhan mereka terlebih dahulu. Dengan menggunakan strategi yang disarankan oleh Carnegie, kita dapat mempengaruhi orang lain dengan lebih efektif dan membuat mereka setuju dengan pandangan kita.

How To Win Friends and Influence People

4. Cara Membuat Orang Berpikir Seperti yang Anda Inginkan

“Orang akan merasa lebih nyaman jika mereka memutuskan sendiri apa yang harus mereka lakukan, alih-alih dipaksa oleh orang lain.” – Dale Carnegie

Pada bagian ini, Carnegie memberitahu cara mempengaruhi orang agar memikirkan sesuai keinginan kita. Salah satu strateginya adalah dengan mengajukan pertanyaan, sehingga orang tersebut merasa seperti dia telah memutuskan sesuatu sendiri, padahal sebenarnya itu adalah keinginan kita. Carnegie juga menekankan pentingnya mendengarkan dan memahami sudut pandang orang lain, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan mereka secara lebih efektif.

Berikut adalah inti pesan dari setiap strategi yang disebutkan Carnegie untuk membuat orang berpikir seperti yang kita inginkan:

1. Tanyakan Pertanyaan-Pertanyaan yang Mengarah
Dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah, kamu bisa membimbing orang lain menuju jawaban yang Anda inginkan. Pastikan pertanyaanmu spesifik, jangan terlalu umum atau terbuka biar bisa memberikan kebebasan bagi orang lain untuk menjawab dengan cara mereka sendiri.

Contohnya:
”Jika kamu mau seseorang bergabung dengan timmu , tanyakan “Kapan Anda bisa bergabung dengan tim kami?” daripada “Apakah Anda tertarik bergabung dengan tim kami?”

2. Beri Pujian Sejujur-Jujurnya
Memberikan pujian yang jujur dan spesifik bisa membuat orang merasa dihargai dan diakui, sehingga mereka lebih terbuka untuk ide dan saranmu. Pastikan pujianmu spesifik dan menunjukkan apa yang kamu hargai dari orang tersebut.

Contohnya:
“Aku sangat menghargai kerja keras dan ketepatan waktumu waktu menyelesaikan proyek ini. Itu sangat membantu tim kami.”

3. Berbicaralah Tentang Keuntungan Bagi Mereka
Ketika kamu meminta seseorang buat melakukan sesuatu, jangan cuma fokus pada keuntunganmu aja. Berbicaralah tentang keuntungan yang mereka dapatkan dari tindakan tersebut. Berikan alasan-alasan yang masuk akal dan relevan mengenai mengapa kenapa seharusnya melakukan hal itu.

Contohnya:
“Jika kamu bergabung dengan tim kami, kamu bakal punya kesempatan buat memperluas relasi profesionalmu dan meningkatkan skillmu dalam proyek yang menarik.”

4. Buatlah Orang Lain Merasa Dianggap Penting
Ketika seseorang merasa dianggap penting, mereka lebih cenderung buat mendukung ide sama rencanamu. Berikan kesempatan pada orang lain buat berbicara dan berbagi pandangan mereka. Dengarkan dengan baik dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar memperhatikan apa yang mereka katakan.

Contohnya:
“Aku mau tahu pendapatmu soal proyek ini. Menurutmu apa langkah terbaik selanjutnya?”

5. Buatlah Orang Lain Merasa Terlibat
Orang akan lebih merasa terlibat dan memiliki rasa kepemilikan jika mereka merasa memiliki kontribusi dalam ide dan rencanamu. Libatkan orang lain dalam diskusi dan pengambilan keputusan, serta nilai dan gunakan saran mereka.

Contohnya:
“Kami mau mendapatkan masukanmu soal strategi pemasaran baru ini. Bagaimana menurutmu cara terbaik buat menjangkau potensial customer?”

6. Berbicaralah tentang persamaan
Dalam berkomunikasi, kita dapat membangun koneksi dengan orang lain dengan mencari kesamaan atau persamaan antara diri kita dan mereka. Dengan berbicara tentang persamaan, kita dapat mempererat hubungan dengan orang lain dan membuat mereka lebih terbuka dan mudah bekerja sama dengan kita.

Contohnya:
Ketika bertemu sama orang yang belum dikenal, carilah kesamaan seperti tempat tinggal, hobi, pekerjaan, atau kesukaan makanan. Ini membantumu buat memulai percakapan dan membuat orang merasa nyaman dengan kita.

*Namun, perlu diingat bahwa mencari persamaan bukan berarti harus berpura-pura atau menyembunyikan perbedaan kita dengan orang tersebut. Justru, dengan tetap mengakui perbedaan tersebut, kita bisa memperkuat rasa pengertian dan toleransi terhadap keberagaman dalam masyarakat.

Dengan menggunakan strategi-strategi di atas, kita bisa mempengaruhi orang buat memikirkan sesuai dengan keinginan kita tanpa perlu memaksa atau mengambil kendali atas keputusan mereka. Penting untuk diingat bahwa tujuan dari mempengaruhi orang lain adalah untuk mencapai hasil yang baik untuk semua pihak, bukan hanya keuntungan diri sendiri.

How To Win Friends and Influence People

5. Mengubah Orang Tanpa Menyinggung atau Membuat Mereka Marah

“Seorang pemimpin yang baik adalah orang yang mampu memotivasi dan menginspirasi orang lain. Untuk menjadi pemimpin yang baik, kamu harus mampu memahami kebutuhan dan keinginan orang lain terlebih dahulu.” – Dale Carnegie

Di bagian ini, Carnegie menekankan pentingnya memahami sudut pandang orang lain dan menghadapi situasi yang sulit dengan bijaksana. Beberapa strategi yang disarankan oleh Carnegie untuk mengubah perilaku orang lain adalah:

1. Mencari kesalahan pada diri sendiri terlebih dahulu sebelum menyalahkan orang lain
Sebelum menyalahkan orang lain, pertama-tama coba cari kesalahan pada diri sendiri. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih objektif dan menghindari konflik yang tidak perlu.

Contoh:
Seorang manajer yang tidak puas dengan kinerja timnya sebaiknya mengevaluasi kembali caranya memimpin dan memberikan dukungan pada tim, daripada langsung menyalahkan anggota tim yang tidak bekerja dengan baik.

2. Menyampaikan kritik secara halus dan tidak langsung
Ketika ingin memberikan kritik, sebaiknya sampaikan dengan cara yang halus dan tidak langsung. Hal ini dapat membantu orang lain untuk lebih terbuka menerima kritik yang diberikan.

Contoh:
Seorang guru yang ingin memberikan kritik terhadap pekerjaan siswanya sebaiknya memberikan saran dan masukan secara halus dan tidak langsung, seperti memberikan saran untuk memperbaiki tata letak atau gaya penulisan daripada langsung mengkritik isi tulisan.

3. Membuat orang lain merasa penting dan dihargai
Membuat orang lain merasa penting dan dihargai dapat meningkatkan hubungan kita dengan mereka dan membuat mereka lebih terbuka terhadap ide-ide kita.

Contoh:
Seorang bos yang ingin memotivasi karyawannya sebaiknya memberikan pengakuan atas kerja keras mereka dan menunjukkan bahwa mereka memiliki peran penting dalam kesuksesan perusahaan.

4. Mengajukan pertanyaan daripada memberikan perintah
Daripada memberikan perintah, coba ajukan pertanyaan yang dapat membantu orang lain memahami dan mempertimbangkan pilihan mereka sendiri.

Contoh:
Seorang pemimpin yang ingin memimpin timnya dengan baik sebaiknya mengajukan pertanyaan kepada anggota timnya untuk memahami perspektif mereka dan memberikan ruang bagi mereka untuk menyumbangkan ide mereka.

5. Memberikan pujian secara tulus dan menghargai keberhasilan orang lain
Memberikan pujian yang tulus dan menghargai keberhasilan orang lain dapat memotivasi mereka untuk melakukan hal-hal yang lebih baik.

Contoh:
Seorang teman yang ingin memotivasi temannya untuk mengejar impian mereka sebaiknya memberikan pujian atas keberhasilan yang telah dicapai dan memberikan dukungan untuk mencapai tujuan mereka.

6. Menemukan kesamaan dan menyelesaikan perbedaan dengan cara yang baik dan sopan
Mencari kesamaan dan menyelesaikan perbedaan dengan cara yang baik dan sopan dapat membantu mengurangi konflik dan membangun hubungan yang lebih baik.

Contoh:
Dua orang yang memiliki pendapat yang berbeda tentang suatu topik sebaiknya mencari kesamaan dalam pandangan mereka dan menyelesaikan perbedaan mereka dengan cara yang sopan dan menghargai perspektif masing-masing.

Dalam bagian terakhir bukunya, Carnegie membahas tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang efektif. Dia menyarankan agar kamu memotivasi orang lain dan memberi mereka penghargaan yang pantas. Carnegie juga menyoroti pentingnya menghargai perspektif orang lain dan mencari solusi yang menguntungkan semua pihak.

How To Win Friends and Influence People

6. Membuat Orang Menyukai Idemu

“Jika kamu ingin menarik hati orang lain, maka mulailah dengan menghargai keinginan mereka. Cari tahu apa yang mereka inginkan dan berikan mereka kesempatan untuk menyampaikan pendapat mereka.” – Dale Carnegie

Bagian terakhir dari buku “How to Win Friends and Influence People” membahas strategi untuk membuat orang menyukai ide yang kamu ajukan. Strategi-strategi tersebut antara lain adalah:

1. Menghargai sudut pandang orang lain
Sebelum menawarkan ide atau pendapat, cobalah untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Cari tahu apa yang ingin mereka capai, apa yang sedang mereka alami, dan apa yang mereka inginkan. Setelah itu, pilih kata-kata yang tepat untuk menyampaikan ide atau pendapatmu sehingga dapat diterima oleh orang lain.

2. Memberikan penghargaan
Orang akan merasa dihargai dan disayangi jika kamu memberikan penghargaan atas ide atau pendapat yang mereka berikan. Cobalah untuk memberikan pujian atau penghargaan secara tulus dan jangan takut untuk memberikan kritik yang membangun jika diperlukan.

3. Menjelaskan manfaat ide kamu
Orang akan lebih tertarik untuk mendukung ide atau pendapatmu jika mereka melihat manfaat yang akan didapat. Jadi, cobalah untuk menjelaskan manfaat dari ide atau pendapatmu dengan jelas dan tegas.

4. Menjalin hubungan yang baik
Orang cenderung lebih suka mendukung ide atau pendapat dari orang yang mereka kenal dan sukai. Oleh karena itu, penting untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarmu.

5. Berikan ruang untuk perdebatan
Orang cenderung lebih suka memilih ide atau pendapat mereka sendiri daripada dipaksa untuk setuju dengan orang lain. Oleh karena itu, berikan ruang untuk perdebatan dan jangan memaksakan pendapatmu.

6. Berbicara dengan cara yang persuasif
Cara berbicara dan bahasa tubuh juga dapat mempengaruhi seberapa persuasif kamu dalam menyampaikan ide atau pendapatmu. Cobalah untuk berbicara dengan nada yang sopan dan berbicara dengan jelas. Selain itu, pastikan untuk menunjukkan rasa percaya diri dan menghindari bahasa tubuh yang defensif.

Inti dari strategi-strategi di atas adalah untuk menghargai keinginan dan sudut pandang orang lain serta memastikan bahwa ide atau pendapatmu memberikan manfaat untuk semua pihak. Dengan mengikuti strategi-strategi tersebut, kamu dapat membuat orang lebih terbuka terhadap ide atau pendapatmu dan mendapatkan dukungan yang lebih besar.

How To Win Friends and Influence People

Itu dia 6 tips praktis yang mudah buat diikuti agar bisa ngebantu memperbaiki hubungan sosialmu.

Dalam memperbaiki hubungan sosial, praktik-praktik yang disampaikan oleh Dale Carnegie dapat membantu membangun koneksi yang lebih positif dan saling menguntungkan dengan orang lain. Dengan berbicara dengan hormat, menghargai pendapat orang lain, dan menciptakan suasana positif, kita dapat memenangkan hati dan memengaruhi orang lain dengan cara yang positif. 

Dalam hubungan sosial, memberikan nilai pada orang lain lebih penting daripada mengejar keuntungan bagi diri sendiri. Mari kita terapkan praktik-praktik ini dalam kehidupan kita sehari-hari dan saksikan perubahan positif dalam hubungan sosial kita.

Kesimpulan:

Kesimpulan dari buku ini adalah pentingnya menjalin hubungan sosial yang baik dengan orang lain. Dale Carnegie menekankan bahwa cara terbaik untuk mempengaruhi orang lain adalah dengan menghargai, memperhatikan, dan menunjukkan kepentingan pada mereka. Selain itu, buku ini juga mengajarkan bahwa keberhasilan dalam hidup bergantung pada kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif.

Aku sangat merekomendasikan buku ini untuk siapa saja yang ingin meningkatkan keterampilan sosial mereka dan memperbaiki hubungan dengan orang lain. Pembaca akan menemukan banyak strategi dan contoh yang praktis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, aku mengajak pembaca untuk membeli buku ini langsung melalui tautan yang tersedia untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara membangun hubungan sosial yang lebih baik dan efektif. 

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share

Facebook
WhatsApp
X
Pinterest

Leave a Reply

Baca ini juga

Titik Balik Hidupku, Shandya Fajar

Titik Balik Hidupku

Titik balik hidupku adalah cerita singkat ketika aku pertama kali kenal dunia kreatif. Dari sini, banyak hal yang kupelajarin tentang…