IKIGAI: Filosofi Hidup Seimbang dan Bahagia

Shandya Fajar

Shandya Fajar

Filmmakers dan Storyteller yang suka berbagi insight buat orang-orang kreatif.

Share on

Facebook
WhatsApp

Follow me on

Pernah ga kalian merasa kekurangan semangat, ga bertenaga, dan terjebak dalam rutinitas yang itu-itu aja. Perasaan bosan, lelah, dan ketidakpastian sering menjadi sahabat setia dalam menjalani keseharian.

Menurutku Ini adalah hal yang manusiawi. Tapi, jika kondisi tersebut berlarut-larut, dapat berdampak buruk pada kualitas hidup kita kedepannya.

Pertanyaannya, gimana cara memperbaiki semuanya agar hidup kita terasa lebih bermakna?

Di sinilah konsep Ikigai (生き甲斐) hadir sebagai panduan. Pernahkah kalian mendengar tentang Ikigai? Istilah ini berasal dari bahasa Jepang dan merujuk pada kesenangan dan makna kehidupan. Secara harfiah, Ikigai terdiri dari “iki” yang berarti kehidupan dan “gai” yang berarti nilai, yang menggambarkan alasan hidup, inti dari keberadaan kita setiap hari.

Melalui pemahaman konsep Ikigai, kita dapat menemukan jawaban untuk menjadikan hidup lebih bermakna dan bahagia, jadi setiap pagi kita bangun dengan tujuan yang jelas dan penuh semangat.

Yuk kita bahas lebih dalam tentang gimana Ikigai bisa memberikan arah dan makna dalam hidup kita kedepannya.

Bab 1

Konsep Ikigai

Ikigai, konsep yang telah dianut oleh masyarakat Jepang selama bertahun-tahun, memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. Dalam pandangan masyarakat Jepang, menemukan Ikigai berarti menemukan makna hidup, suatu keyakinan yang tercermin dalam tingkat harapan hidup yang tinggi di negara tersebut. 

Ikigai-01

Ikigai terdiri dari 4 elemen, yaitu:

1. Passion: Apa yang kamu sukai
Passion mencakup hal-hal yang kita nikmati dan memberikan gairah atau hasrat. Misalnya, hobi atau aktivitas yang membawa kebahagiaan pribadi.

Contohnya:
Seorang seniman mungkin menemukan passion-nya dalam melukis, karena setiap goresan memberikan kepuasan dan kebahagiaan buat dirinya.

2. Mission: Apa yang Dibutuhkan Dunia
Mission melibatkan kontribusi kita kepada dunia atau masyarakat sekitar. Meskipun mungkin tidak selalu sesuai dengan passion, tetapi memberikan nilai pada lingkungan.

Contohnya:
Mengambil bagian dalam proyek sukarela untuk membersihkan lingkungan sekitar, dan menciptakan dampak positif pada dunia sekitar.

3. Vocation: Apa yang Dapat Dibayar
Vocation adalah kegiatan yang tidak hanya memberikan makna tetapi juga menghasilkan pendapatan. Ini berhubungan dengan cara kita mendapatkan nafkah.

Contohnya:
Seorang konsultan pemasaran mungkin menemukan vocation-nya dalam memberikan layanan konsultasi dan secara bersamaan mendapatkan penghasilan.

4. Profession: Apa yang Anda Kuasai
Profession melibatkan bidang di mana kita merasa ahli dan memperoleh keahlian melalui pendidikan atau pelatihan.

Contohnya:
Seorang ahli komputer atau IT yang meraih keahlian melalui kursus dan pengalaman, menjadikan keahlian tersebut sebagai profesinya.

Selain 4 elemen tersebut, Ikigai memiliki beberapa pilar Penting yang membantu kamu untuk mendapatkan kebahagiaan seutuhnya. Berikut adalah beberapa Pilar-Pilar penting Ikigai:

1. Mulai dari hal kecil
Awali hari dengan sesuatu yang kecil, seperti bangun pagi. Hal ini memberikan rasa positif dan kesegaran untuk menghadapi hari.

2. Bebaskan Dirimu
Bebaskan dirimu seperti seorang anak kecil, yang polos dan tanpa beban. Mempertahankan pandangan polos seperti anak kecil dapat membawa kebahagiaan dan meningkatkan kreativitas.

3. Keselarasan
Kita sebagai manusia hidup dalam hubungan sosial. Prinsip Ikigai menekankan pentingnya hidup selaras dan berdampingan. Dengan menghormati dan menghargai keunikan setiap individu di sekitar kita, kita membangun “segitiga emas” antara Ikigai, keselarasan, dan kreativitas. Tanpa keselarasan tersebut, kedamaian dan makna hidup akan sulit diwujudkan.

4. Menghargai Hal-Hal Kecil
Menghargai dan menemukan kegembiraan dari hal-hal kecil. Seperti dalam tradisi Jepang, menghargai hal terkecil dapat menghasilkan karya yang luar biasa.

5. Hadir di Tempat dan Waktu Sekarang
Fokus untuk menikmati waktu dan kondisi saat ini, menghargai kesederhanaan dari apa yang ada di sekitar kita, membuat hidup menjadi lebih bermakna.

Dengan pemahaman mendalam terhadap keempat elemen dan pilar-pilar dari Ikigai, kita dapat mencapai keselarasan dan makna dalam setiap langkah kehidupan kita. Ikigai membuka pintu menuju kebahagiaan dan pencapaian tujuan hidup yang bermakna.

Bab 2

Mengaplikasikan Ikigai

Konsep Ikigai tidak hanya tentang pemahaman, tetapi juga tentang penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaplikasikan Ikigai:

1. Self-Reflection (Refleksi Diri)

  • Lakukan introspeksi untuk mengetahui passion, vocation, mission, dan profession yang sesuai dengan diri kalian. Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat kalian bergairah, apa panggilan hidup kalian, apa misi kalian di dunia ini, dan kalian berbakat di bidang apa.
  • Temukan hubungan antara passion, vocation, mission, dan profession Anda. Pertimbangkan bagaimana elemen-elemen ini saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Pastikan keempat elemen tersebut berada dalam keselarasan.


2. Identifikasi Keselarasan (Harmoni)

  • Temukan hubungan antara passion, vocation, mission, dan profession Anda. Pertimbangkan bagaimana elemen-elemen ini saling melengkapi dan mendukung satu sama lain. Pastikan keempat elemen tersebut berada dalam keselarasan.


3. Tentukan Tujuan dan Tindakan yang Konkrit

  • Setelah mengidentifikasi Ikigai, tentukan tujuan hidup kalian. Apa yang ingin kalian capai? Lakukan perencanaan tindakan konkrit yang dapat membawa kalian menuju pencapaian kalian.


4. Fleksibilitas dan Penyesuaian

  • Ikigai dapat berubah seiring waktu. Bersikaplah fleksibel dan siap untuk menyesuaikan Ikigai kalian sejalan dengan perubahan dalam hidup kalian. Jangan takut untuk mengeksplorasi hal-hal baru yang mungkin lebih sesuai dengan perkembangan kalian.


5. Berbagi dan Berkontribusi

  • Bagian penting dari Ikigai adalah memberikan kontribusi kepada orang lain dan dunia. Temukan cara kalian untuk berbagi kebahagiaan dan kebermanfaatan dengan orang di sekitar kalian. Ini dapat memberikan makna yang lebih dalam pada Ikigai kalian.

Bab 3

Mengatasi Tantangan dalam Menemukan Ikigai

1. Bingung dan Sulit Menentukan Passion (Gairah)
Kadang-kadang, kita mungkin tidak yakin apa yang benar-benar membuat kita bersemangat. Entah karna kita tidak tau apa yang kita senangi atau justru sebaliknya kita memiliki banyak hal yang kita sukai.

Solusi:

  • Self-Exploration
    Lakukan eksplorasi diri untuk mengetahui apa yang membuat kalian bahagia.
  • Coba dan Evaluasi
    Cobalah berbagai aktivitas untuk menemukan apa yang benar-benar kalian nikmati.
  • Paksa Diri Sendiri
    Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman untuk menemukan passion anda.


2. Susah menyeimbangkan Passion dan Profesi
Banyak orang merasa kesulitan saat mencoba menggabungkan passion mereka dengan pekerjaan yang menghasilkan. Bagaimana caranya?

Solusi:

  • Pilih Profesi yang Relevan
    Pilih pekerjaan atau profesi yang relevan dengan passion kalian.
  • Ciptakan Kesempatan
    Terkadang kalian perlu menciptakan peluang sendiri, seperti memulai bisnis kecil atau mengambil proyek sampingan.
  • Kembangkan Keterampilan
    Tingkatkan keterampilan yang diperlukan untuk mengubah passion menjadi profesi.


3. Menemukan Misi yang Jelas
Mencari misi hidup yang jelas dan bermakna seringkali menantang, terutama ketika nilai-nilai dan keyakinan pribadi harus dipertimbangkan. Orang mungkin merasa bingung atau kehilangan arah dalam menentukan tujuan hidup yang sesuai dengan nilai-nilai mereka.

Solusi:

  • Refleksi Nilai
    Pertimbangkan nilai-nilai dan keyakinan pribadi untuk menemukan misi hidup yang sesuai.
  • Keterlibatan Sosial
    Terlibat dalam kegiatan sosial dan sukarela untuk menemukan tujuan yang lebih besar.

4. Meningkatkan Profesi agar Sesuai dengan Ikigai
Integrasi profesi dengan Ikigai bisa rumit. Beberapa orang mungkin kesulitan meningkatkan keterampilan atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan Ikigai mereka. Proses ini memerlukan waktu dan usaha.

Solusi:

  • Pendidikan dan Pelatihan
    Ambil kursus atau latihan untuk meningkatkan keterampilan yang mendukung Ikigai.
  • Jaringan Profesional
    Bangun relasi dengan mereka yang berada dalam bidang yang sesuai dengan Ikigai kalian.

5. Mengatasi Hambatan Mental dan Emosional
Hambatan mental dan emosional, seperti stres, kecemasan, atau ketidakpastian, dapat menghambat proses kalian. Tiap individu mungkin merasa sulit mengatasi kendala internal yang menghalangi mereka menjalani hidup yang sesuai dengan Ikigai mereka.

Solusi:

  • Terapi atau Konseling
    Jika diperlukan, mencari bantuan profesional untuk mengatasi hambatan mental.
  • Meditasi dan Refleksi Diri
    Lakukan praktik meditasi atau refleksi diri untuk mengelola stres dan ketidakpastian.

Semua tantangan ini dapat dihadapi dengan pendekatan yang hati-hati dan konsisten. Setiap individu mungkin mengalami tantangan yang berbeda, dan perjalanan menuju Ikigai adalah proses yang unik bagi setiap orang.

Bab 4

Menerapkan Ikigai dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengidentifikasi dan mengatasi tantangan-tantangan dalam mencapai Ikigai, langkah selanjutnya adalah menerapkan konsep Ikigai dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah beberapa cara menerapkannya:

1. Membuat Rutinitas Harian yang Menyenangkan

  • Pilih aktivitas atau kegiatan yang sesuai dengan passion dan memberikan kebahagiaan.
  • Integrasikan kegiatan ini ke dalam rutinitas harian untuk menciptakan momen kecil yang membawa kegembiraan.


2. Bekerja dengan Fokus pada Misi dan Kontribusi

  • Tentukan misi harian yang terkait dengan kontribusi positif kepada orang lain atau lingkungan sekitar.
  • Hindari pekerjaan rutin yang tidak memberikan nilai atau kontribusi yang signifikan.


3. Berinovasi dalam Profesi atau Pekerjaan

  • Selalu mencari cara untuk meningkatkan atau mengubah pekerjaan agar tetap relevan dengan Ikigai.
  • Terlibat dalam proyek-proyek yang menggabungkan keahlian dan passion.


4. Berkomunikasi dan Berkoneksi dengan Orang Lain

  • Bangun hubungan yang positif dengan orang-orang di sekitar kalian.
  • Diskusikan ide dan nilai-nilai dengan orang-orang yang memiliki pandangan serupa.


5. Hadirkan Ikigai dalam Keputusan Hidup

  • Pertimbangkan Ikigai saat mengambil keputusan besar atau keputusan sehari-hari.
  • Pastikan setiap tindakan mencerminkan nilai-nilai dan tujuan hidup yang sesuai dengan Ikigai.


6. Berlatih Kehadiran dan Keterbukaan

  • Hadir sepenuhnya dalam setiap momen dan nikmati prosesnya tanpa adanya distraksi.
  • Tetap terbuka terhadap perubahan dan perkembangan yang mungkin terjadi dalam perjalanan mencapai Ikigai.

Dengan menerapkan Ikigai dalam kehidupan sehari-hari, kalian dapat menciptakan pengalaman hidup yang lebih bermakna, bahagia, dan seimbang. Setiap langkah kecil yang diarahkan pada Ikigai dapat memberikan kontribusi besar terhadap kebahagiaan dan kepuasan hidup secara keseluruhan.

Dalam mengejar Ikigai, kita benar-benar menggali arti dan tujuan hidup kita. Setiap tantangan yang datang adalah sebuah peluang untuk tumbuh, dan setiap pencapaian adalah langkah menuju kesempurnaan Ikigai. Selalu ingat, hidup adalah perjalanan yang terus berubah, dan kita perlu beradaptasi untuk mencapai keseimbangan yang harmonis. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip Ikigai, kita dapat merasakan kebahagiaan, makna, dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga kalian menemukan inspirasi baru dalam perjalanan menuju Ikigai kalian yang penuh makna. Teruslah menjalani hidup dengan penuh semangat dan kebahagiaan!

Share

Facebook
WhatsApp
X
Pinterest

Leave a Reply

Baca ini juga

Titik Balik Hidupku, Shandya Fajar

Titik Balik Hidupku

Titik balik hidupku adalah cerita singkat ketika aku pertama kali kenal dunia kreatif. Dari sini, banyak hal yang kupelajarin tentang…

Shandya Fajar

My First Blog Ever!

Ini adalah postingan blog pertamaku! Disini aku mau cerita tentang apa yang udah terjadi dan yang kupelajari selama…